BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 19 Februari 2010

INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER

PLURK
PLURK, adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis sama seperti friendster, myspace, facebook dan lain-lain, yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter.
 
Jika dilihat dari segi interface, web ini memang sederhana dan mudah dipahami. Hal ini terlihat dari banyaknya white space pada halaman utama. White space adalah bagian halaman web yang tidak memiliki text atau ilustrasi apapun memudahkan pengguna untuk memproses informasi dengan baik. Web ini menampilkan status pembaruan dari si pengguna.
 
Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaruan yang diterima dengan urutan kronologis, dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com, pengirim pesan instan, atau pesan singkat.
Salah satu kelebihan dari Plurk ini adalah kemampuannya untuk menyajikan aktivitas penggunanya berdasarkan jam dan waktu (timeline), sehingga setiap penggunanya dapat menceritakan kegiatan yang sedang ia lakukan saat itu. Pengguna juga dapat melihat aktivitas orang lain berdasarkan timeline tersebut. Setiap pengguna dapat memberikan tanggapan atas postingan dari Plurker lainnya. 
Halaman ini dibuat untuk tujuan pengumpulan tugas IMK untuk Bogor Agricultural University





23 komentar:

  1. PERTAMAX!!!

    Yg saya suka dari plurk itu simple.
    trus komen2nya jadi kaya conference chat..hehe
    mangstab deh..
    nice share gan!

    BalasHapus
  2. Gw suka gaya artistik plurk…ya inovasinya bikin kita ga bosen dgn hal2 yg simetris..tapi kalo dari segi user yg awam,kalo gw ambil posisi sebagai user baru ya bingung pertama ngeliatnya… ^_^’

    BalasHapus
  3. plurk itu mang gampang buat dipahami n bagus tata letaknya, buat ngasih komen juga enak soalnya jadi bisa kya chat gitu.

    BalasHapus
  4. sebagai salah satu pengguna tetap Plurk, saya cukup bangga sama interfacenya~
    biarpun kalo masih newbie bingungnya ampun2an ^^;

    anyway nice article mand :)

    BalasHapus
  5. suka dengan timeline Plurk.. dan seperti beberapa user lainnya, sepertinya saya 'terobsesi' dengan karma ;)

    BalasHapus
  6. wah wah, udah ketemu 2 pecinta plurk nih...
    interfacenya bagus, mudah digunakan..tapi bagi yang pengguna baru memang sedikit bingung seperti komen dari inne,

    keep posting ya..

    BalasHapus
  7. Belum lama ini saya juga pernah menggunakannya, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. salah satunya yaitu, Kita akan kesusahan jika teman kita banyak karena dari segi tampilan yang berdasarkan garis waktu, memungkinkan jarak suatu perubahan ke perubahan lainnya jauh atau saling berdekatan. sehingga dari segi penampilan terlihat tidak ada keteraturan.

    BalasHapus
  8. Timeline paling ok.. Karma nya yg bikin ribet..hehehe

    BalasHapus
  9. Meskipun bukan pengguna plurk..tapi jejaring sosial yang satu ini emang punya interface yang menarik :)

    BalasHapus
  10. saia bukan pengguna plurk c..tapi kata my sista..nyenengin klo pointnya nambah..emoticonnya lucu2^^
    tampilan fleksibel sesuai hati nurani =)

    BalasHapus
  11. saya bukan pengguna tetap plurk walau punya account didalamnya. Pertama menggunakannya bingung minta ampun (spt comment diatas)jadi saya udah ga gunainnya lagi.hehe...
    username dan passwordnya juga udah lupa ^_^

    BalasHapus
  12. saya bukan pengguna tetap plurk walau punya account didalamnya. Pertama kali menggunakannya bingung euy..
    tampilannya beda dari yg social networking yg lain. Tampilannya dari segi waktu, sehingga ga teratur interfacenya.

    BalasHapus
  13. Plurk susah bener untuk orang awan seperti saya.he...

    BalasHapus
  14. wau, plurk ini salah satu SN yang hanya satu kali saya kunjungi (tapi itu karena saya lupa passwordnya..hehe..)
    saya sempat tercengang ketika melihat tampilan awal dari plurk ini, timeline yang horizontal baru pertama kali saya temui pada plurk..
    Tapi, saya merasa plurk memang sebuah jaringan sosial yang mengutamakan fungsinya, karena ketika kita login plurk dan melihat profil teman, maka tepat di depan mata kita terfokus hanya pada kegiatan/'status' teman kita..

    http://astriratma.blogspot.com/2010/02/pengendali-pointer-lewat-gerakan-mata.html

    BalasHapus
  15. huaahhhaaa :D
    kebetulan sampe gue komen ini, gue belum ada niatan mau bikin akun di Plurk. Overall, tampilan Plurk ini emang catchy banget bisa diatur sekeren mungkin, ooiya konsep timeline yang simple, yang ditawarkan Plurk ini yang menurut gue bisa jadi nilai plus dibanding jejaring sosial lain yang makin membludak, hhhaa :D

    BalasHapus
  16. wah, tentang plurk.....^^
    saya udah 2 tahun bergelut di dunia itu
    masih sama seperti dahulu tampilannya saat pertama kali membuat akunnya,, disana berlomba-lomba mengumpulkan karma agar dapet gambar-gambar emosi yg lucu.

    BalasHapus
  17. gw salah satu pengguna plurk jg c.,hheu
    pertama c masi agak binggung liat tampilannya beda sama jejaring sosial yg lain..hhe
    ga kpikir klo yg terbang2 nya itu status hohoho

    plurk bikin kta jadi konsisten(supaya karma ga turun)..hahay

    BalasHapus
  18. wew, kayanya boleh juga...

    interface menarik dan mudah digunakannya...
    Like this

    BalasHapus
  19. wew...
    boleh juga.

    interface menarik, mudah digunakan.
    like this lah

    BalasHapus
  20. jangan lupa untuk add plurk saya di deanimations :)

    jujur ya... interfacenya unik... tapi mungkin untuk orang yang awam (apalagi pas pertama main plurk), akan sangat sulit untuk mencerna icon-icon baru (apalagi yang di sebelah kanan bawah)


    regards

    dean

    BalasHapus
  21. Plurk..?? pernah buat akun ini, tapi lupa password, jd agak males jg..hehe.
    bicara soal plurk.. hemm... like cloud.. acak, abstrak..kira2 gt deh..
    dilihat dari bentuk interaksinya sangat interaktif untuk pengguna, pengguna hanya tinggal update state dan update state.. kemudian dapat mengomentari jg state orang lain.. nice lha..

    BalasHapus
  22. Gw baru tahu kalo ada jejaring sosial PLURK. tapi dilihat dari gambarnya sih emang kayaknya ok.....

    BalasHapus