BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 24 Juni 2010

Kajian Web Usability Toko Gunung Agung (1 of 3)

Pada kesempatan ini saya akan mencoba mengevaluasi web usability sebuah website yaitu Toko Gunung Agung sebagai tugas akhir mata kuliah interaksi manusia dan komputer. Web usability merupakan suatu pendekatan untuk membuat suatu situs web mudah digunakan untuk pengguna, tanpa memerlukan pelatihan khusus apapun.  Beberapa goals dari web usability diantaranya adalah :

·        1. Efektif digunakan
·        2. Efisien digunakan
·        3. Aman digunakan
·        4. Punya utility yang baik
·        5. Mudah dipelajari
·        6. Mudah diingat bagaimana menggunakannya


Halaman Utama
  • Bahasa yang tidak konsisten. Terkadang menggunakan judul dengan bahasa inggris, tetapi isi yang diberikan ditulis dengan bahasa indonesia.
  • Menu-menu di atas header  berukuran huruf kecil tidak menunjukkan seperti tombol ataupun link sehingga terkesan menunjukkan menu tersebut tidak dapat diklik.
  • Tidak ada menu help. Sehingga pengguna dapat kesulitan memakai web ini.
  • Banner Iklan yang sangat mencolok.
  • Pada halaman Home dapat melihat NEW ARRIVAL , BEST SELLER dan RECOMMENDED namun gambar yang ada tidak dapat dilihat dalam web.
  • Pemilihan Warna. Penggunaan warna untuk background, teks, dan elemen grafis lainnya dapat mempengaruhi perilaku user dalam mengakses website Anda. Anda perlu menyadari bahwa tidak semua user dapat melihat warna sebaik yang Anda lihat. Di antara user mungkin ada yang mengalami buta warna atau kerusakan mata sehingga tidak dapat melihat perbedaan warna yang berdekatan. Pada website ini dominan memakai warna merah – putih namun pada header terdapat warna-warna yang ramai dan kurang cocok pada header background  lambang TGA.
  • Terdapat logo TGA di pojok kiri atas, hal ini penting untuk memberi tahu kepada user bahwa mereka sedang membuka website Toko Gunung Agung  
Amanda K. Hubeis
G64070114

8 komentar:

  1. Jilly Pratiwi
    http://jillyp07.student.ipb.ac.id/
    situs ini sebenarnya simpel tapi sayangnya pada halaman home ini tidak ada gambar buku yang muncul,tetapi sudah baik karena menampilkan informasi harga buku tersebut.
    Tapi sebaiknya buku dikelompokkan berdasarkan kategori buku, mungkin lebih baik ;)

    BalasHapus
  2. menurut saya, headernya terlalu rame, jadi menu-menunya tidak terlalu terlihat, istilahnya kebanting sama header,,,

    Ira Nurazizah (G64070015)
    http://iran07.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  3. aku setuju ama ira, headernya rame..
    terus masalah warna, sebenarnya memang tak terlalu rame, tapi saya agak terganggu dengan warna merah menyalanya. kalau di liat lama-lama jadi lelah :p

    BalasHapus
  4. kajian yang dipostkan cukup baik...
    namun, saya agak terganggu dengan teks yang berjalan.
    Pada teks yang berjalan di bawah annual report pada halaman depan, saya pikir teks itu berupa link karena bentuk teksnya yang agak timbul, namun ternyata teks tersebut hanya tulisan biasa yang berjalan. bukan sebuah link.

    Dhieka
    http://dhiekaa07.student.ipb.ac.id/

    BalasHapus
  5. Dari segi inkonsistensi bahasa, menurut saya tidak terlalu bermasalah, sebab pilihan bahasa yang digunakan bersifat umum a.k.a sering muncul di kehidupan sehari-hari.

    http://ellar07.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  6. Menurut saya banyak hal yang perlu dikoreksi di dalam web tersebut, ketika saya pertama kali masuk ke halaman web tersebut misalkan pada new arrival saya ingin mengetahui lebih lanjut terhadap suatu buku, ketika saya mengklik suatu teks yang berwarna biru (yang biasanya dipakai oleh sebuah link) tapi ternyata itu hanya teks biasa bukan sebuah link, yang dapat menampilkan informasi mendetail mengenai buku yang ingin saya beli. Selain itu pada saat saya ingin mencari buku,teks yang terlihat pada pengisian form pada judul dan pengarang ternyata hidden, yang seharusnya tidak di hidden.
    Kajian yang manda postkan juga sudah baik. Makasih.

    Fanny Risnuraini
    http://fannyr07.student.ipb.ac.id
    http://mysweetgirlz.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Situs yang kamu analisis cukup menarik....... Cara mendasainnya, tapi kekurangannya tidak ada breadcrumb yang memberitahukan keberadaan pengguna dan setiap menu tidak ada tanda yang menunjukkan pengguna lagi buka menu yang mana?

    BalasHapus
  8. rame, tapi informasinya cukup simple

    http://abip07.student.ipb.ac.id/category/academic/kajian-web-usability/

    http://gumilangdarkmagic.blogspot.com/2010_06_01_archive.html

    BalasHapus